HMI Saintek Kembali Adakan Pelatihan IMKA



SEMARANG, hmisaintek-walisongo.co.id— Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Persiapan (KOMPERS) Saintek kembali menyelenggarakan pelatihan IMKA pada senin (23/09). Pelatihan yang berlokasi di Taman Revolusi UIN Walisongo Semarang  ini mengundang Wakil Rais Amm Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Nafilah, Ahmad Yoga Tamyiz sebagai pemateri.

Pelatihan ini bertujuan memberikan pengenalan awal kepada kader tentang mekanisme dalam mengerjakan soal-soal IMKA dan mempersiapkan kader agar mampu menghadapi ujian IMKA yang tentunya diwajibkan bagi setiap Mahasiswa UIN Walisongo Semarang.
Sekbid PTKP, M. Wahyudi Hasibuan menyatakan bahwa pelatihan IMKA ini memberikan  jawaban dari keresahan kebanyakan mahasiswa UIN Walisongo yang cenderung menganggap sulit  menghadapi ujian IMKA dibandingkan ujian TOEFL. Sehingga pelatihan ini diharapkan dapat mengubah mindset mahasiswa bahwa bahasa arab itu mudah.
“Pelatihan ini merupakan agenda yang bermanfaat, karena selain dapat memberikan pemahaman tentang IMKA pelatihan ini diharapkan mampu memberikan pandangan yang berbeda kepada mahasiswa yang masih menganggap ujian IMKA sebagai suatu hal yang sulit,” terang M. Wahyudi Hasibuan.
Pemateri, Ahmad Yoga Tamyiz mengatakan bahwa mengerjakan soal-soal IMKA membutuhkan pengetahuan lebih mengenai tata bahasa dalam bahasa arab. Selain muhadatsah, pengetahuan dalam ilmu nahwu dan shorof sangat dibutuhkan dalam mengerjakan ujian IMKA.
“ Mahasiswa UIN Walisongo harus memiliki pengetahuan lebih mengenai bahasa arab dalam mengerjakan ujian IMKA. Pengetahuan tentang  muhadatsah saja belum cukup, sehingga pemahaman  tentang ilmu nahwu dan shorof sangat diperlukan. Jika tidak, hasil yang didapat dari ujian IMKA hanya keberuntungan saja dan kurang memuaskan”. Ungkap Pemateri saat mengisi materi IMKA.
Pelatihan berlangsung meriah penuh dengan canda tawa. Selain dihadiri kader dari komisariat saintek, pelatihan juga dihadiri oleh kader dari luar komisariat dan mahasiswa selain kader HMI. Pelatihan diakhiri foto bersama pemateri.
(Red: Yus Yunus)

Comments

Popular posts from this blog

Jenjang Pendidikan Formal Kader HMI

Implementasi Bersyukur dan Ikhlas dalam Meneguhkan Qalbu

Keteraturan Alam Semesta