HMI Komisariat Persiapan Saintek dan Persiapan Febi Adakan Kajian Fiqih Wanita



SEMARANG, hmisaintek-walisongo.co.id— Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Persiapan Saintek bersama HMI Komisariat Persiapan FEBI menyelenggarakan kajian fikih wanita yang bertajuk "Haid dalam Perspektif Islam" pada Jumat (8/10). Kajian yang berlokasi di Taman FUHUM UIN Walisongo Semarang  ini mengundang  Zahrotur Rochmah sebagai pemateri.

Kajian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan pengetahuan kepada kader tentang masalah haid dalam pandangan islam, agar kader terutama HMI-wati mampu menghadapi berbagai masalah haid yang lumrah terjadi dalam kehidupan namun jarang diketahui oleh masyarakat awam, misalnya ketika masa haid  melebihi batas wajar yang telah ditentukan agama.

Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan (Kabid PP)  HMI Komisariat Persiapan Saintek, Linda Yulianti mengatakan bahwa kajian ini memberikan  jawaban dari keresahan banyak perempuan yang belum banyak mengetahui tentang masalah haid. Sehingga kajian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas tentang masalah haid kepada semua anggota HMI di lingkup Korkom Walisongo.


Suasana kajian fiqih wanita
"Kajian ini merupakan agenda yang bermanfaat, karena selain dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang masalah haid, kajian ini diharapkan agar para wanita sudah tidak bingung lagi dengan masalah haid,” terang Linda.

Pemateri, Zahrotur Rochmah,  mengatakan bahwa masalah haid dalam Islam banyak macamnya dan cara penyelesaiannya tentu berbeda-beda menurut pandangan banyak ulama. Ulama satu dengan yang lainnya mempunyai pendapat dan alasan yang berbeda, tergantung kita menganut ulama atau imam yang mana.


“Mahasiswa UIN Walisongo harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih mengenai masalah haid, tidak pandang laki-laki ataupun perempuan untuk bekal kita nantinya, apalagi para HMI-wan yang akan menjadi imam untuk istrinya,” ungkap pemateri saat mengisi kajian.

Kajian ini selain dihadiri oleh kader Kohati dari Komisariat Persiapan Saintek dan Komisariat Persiapan FEBI, juga dihadiri oleh kader dari luar dan ada juga kader HMI-wan yang ikut serta dalam kajian. Kajian ini diakhiri dengan foto bersama pemateri. [Red:Asfi]

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jenjang Pendidikan Formal Kader HMI

Implementasi Bersyukur dan Ikhlas dalam Meneguhkan Qalbu

Keteraturan Alam Semesta