Bidang PTKP HMI Saintek Adakan Diskusi tentang 7 Kewajiban Muslim atas Al-Qur'an sebagai Ikhtiar Membentuk Saintis Muslim

a

Semarang, hmisaintekws.or.id - Jum'at, (01/04) Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Kepemudaan HMI Komisariat Saintek mengadakan Forum Dialog Diakektika Mahasiswa dengan judul "Ikhtiar Menjadi Saintis Muslim: Memahami dan Mengimplementasikan 7 Kewajiban Kepada Al-Qur'an."

Agenda diskusi ini dilaksanakan secara online menggunakan platform Google Meet. Peserta yang hadir adalah kader HMI dari berbagai komisariat dan cabang di Indonesia. Ada belasan sampai puluhan peserta yang mengikuti agenda ini. Misalkan dari Cabang Makassar dan Garut, yang mendapatkan kesempatan bertanya kepada pemateri ketika diskusi berlangsung. 

Moderator diskusi ini adalah Ketua Bidang PTKP HMI Komisariat Saintek yang memandu jalannya diskusi menjadi aktif dan menarik, Kanda Shofa Habibullah. Dan pemateri yang memantik dan mengisi diskusi ini adalah BPL HMI Cabang Semarang sekaligus sebagai Ketua Bidang PTKP HMI Komisariat Iqbal, Kanda M. Nabil Muallif. Beliau mengisi dengan lancar dan menarik sehingga peserta tertarik untuk mengikuti hingga selesai. 

"Sebagai salah satu hal yang sangat perlu untuk dimiliki atau dijalankan untuk menjadi saintis muslim adalah memahami dan menjalankan 7 kewajiban atas al-Qur'an. Apa saja itu? Membacanya, mengartikannya, menghafalkannya, merenungkannya, mengerjakannya, mengajarkannya, dan memperjuangkannya," jelas Kanda Nabil. 

Kanda Nabil juga menjelaskan bahwa salah satu sebab kemunduran umat Islam itu karena sangat kurang dalam mengakses al-Qur'an. Membacanya saja sangat jarang bagaimana mau mengambil nilai atau value yang ada dalam al-Qur'an. Maka, diskusi ini juga bertujuan agar umat Islam, khususnya kader HMI, kembali mendekat dan mengakses al-Qur'an sesuai dengan Hymne HMI, turut al-Qur'an Hadis.

Semoga dengan adanya diskusi ini, bisa menjadi langkah penyemangat bagi kader HMI Saintek serta kader HMI di seluruh Indonesia untuk mengkaji al-Qur'an secara saintifik guna melangkah mengiringi zaman dan menuju kemajuan. Aamiin

(Red: MFM)

Comments

Popular posts from this blog

Jenjang Pendidikan Formal Kader HMI

Implementasi Bersyukur dan Ikhlas dalam Meneguhkan Qalbu

Keteraturan Alam Semesta